Saturday 6 August 2011

Buat frame iklan

Buat Frame Iklan

Sobat fajar widodo rupanya tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat frame seperti frame iklan yang ada di blog ini. Apakah sobat juga sama tertarik untuk membuat frame tersebut? baca saja sampai akhir, saya akan memberitahu caranya.

Untuk membuat frame seperti itu banyak cara yang bisa di tempuh, diantaranya bisa menggunakan kode HTML <div> atau bisa juga dengan menggunakan kode HTML <span>. Langkah yang harus di persiapkan adalah tentukan dahulu lebar, warna latar belakang, warna huruf, jenis huruf, besarnya huruf, serta hal lain yang sekiranya berhubungan. Agar lebih mudah untuk di mengerti, saya buatkan sebuah contoh frame sebagai berikut:

Belajar membuat website »
Membuat website itu sangatlah mudah, dapatkan panduannya di sini ! ditunjang berbagai software & full support. daftar segera !!
http://www.resepbisnis.com/?id=rohman



Kode asli dari frame di atas adalah sebagai berikut :

<div style="border: 3px dashed red; background: #005af5; padding:10px; width:330px; text-align:left; color:white;">
<a style="font-size: 17px;COLOR: yellow; text-decoration:none;" href="http://kolom-tutorial.blogspot.com/2007/07/perkenalkan-situs-wwwresepbisniscom.html" title="klik di sini"><b>Belajar membuat website </b></a> &raquo;<br/>
Membuat website itu sangatlah mudah, dapatkan panduannya di sini ! ditunjang berbagai software & full support. daftar segera !!<br/>
<a style="color:yellow; font-size:12px; text-decoration:none;" href="http://kolom-tutorial.blogspot.com/2007/07/perkenalkan-situs-wwwresepbisniscom.html" title="klik di sini"><b>http://www.resepbisnis.com/?id=rohman</b></a>
</div>


Jika saya membuat spesifikasi pada frame iklan di atas, maka akan seperti ini :

warna pembatas : merah
style dari pembatas : garis putus-putus dengan lebar 3 pixel
jarak hurup dengan batas terluar : 10 pixel
lebar frame: 330 pixel
posisi hurup : rata kiri
warna hurup : putih
warna latar belakang : biru
warna link : kuning


Bagaimana sudah agak faham? kemungkinan besar masih bingung deh. Agar lebih mudah cobalah sobat otak-atik sendiri kode di atas, saya sedikit malas untuk menerangkan secara terperinci dari kode yang saya buat.

ooo... iya lupa... sobat fajar widodo lebih spesifik menanyakan kode untuk membuat garis putus-putus. Untuk garis putus-putus perintahnya seperti ini :

border : 3px dashed red;

3px menandakan lebar dari garis, dashed berarti garis putus-putus, red adalah kode warna merah.

Ada juga style yang lain yaitu berupa garis berbentuk garis yang solid ada juga yang berupa titik-titik.

border : 3px dashed red; --> untuk garis solid
border : 3px dotted red; --> untuk garis berupa titik-titik

0 comments:

Post a Comment

Untung pantas

LinkWithin